Deskripsi
Hasil Analisis : Berdasarkan hasil pengumpulan data, jumlah responden penerima layanan yang diperoleh yaitu 4396 orang responden. responden laki-laki lebih dominan sebagai pengguna layanan di Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor pada tahun 2022 sebesar 54,6% % dibandingkan responden perempuan yang hanya 45,4 %. Karakteristik responden berdasarkan tingkat pendidikan masyarakat pengguna layanan Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Informasi ini penting untuk mempridiksi tingkat pengetahuan dan wawasan masyarakat, serta ekspektasi dan persepsi masyarakat terhadap layanan publik di Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Secara lengkap, kelompok responden berdasarkan pendidikan tercantum pada tabel diatas dapat dilihat bahwa responden dengan pendidikan SMA mendominasi 64,7%, diikuti dengan kelompok pendidikan SMP 15,2%. Dapat disimpulkan bahwa pengguna jasa layanan di Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor memiliki pendidikan SMA sebagai pengguna layanan paling banyak.
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada unit pelayanan Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor diperoleh dari survei terhadap 4396 responden yang telah diminta pendapat mengenai pengalamannya dalam memperoleh pelayanan dari aparatur Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor. Survei dilakukan pada tahun 2022. Responden diminta memberikan penilaian terhadap 9 unsur pelayanan dan hasil pengisian kuesioner direkap untuk mendapatkan nilai rata-rata per unsur pelayanan. Rekapitulasi nilai tiap unsur pelayanan dari 4396 orang responden.
Hasil analisis terhadap penilaian indeks kepuasan masyarakat melalui kuesioner yang sudah disebar kepada 4396 responden menunjukkan bahwa nilai IKM Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor adalah 94,32. Kuesioner hasil dari responden seperti pada lampiran 5. Sesuai dengan tabel Nilai Persepsi, Nilai Interval, Nilai Interval Konversi, Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan yang telah dijelaskan sebelumnya. Nilai mutu yang didapat 3,76 dengan nilai interval 3,0644 – 3,532, nilai IKM 94,32 berada pada nilai interval konversi antara 88,31 – 100 maka dapat dikatakan Kinerja Unit Pelayanan dan Mutu Pelayanan pada Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor adalah “SANGAT BAIK”.
Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa :
Kesimpulan : Hasil Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilaksanakan 12 (dua belas) bulan dalam kurun waktu setahun yakni bulan Januari – Desember 2022, diperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kecamatan Bogor Barat terhadap pelayanan yang diberikan baik di Kecamatan maupun di 16 Kelurahan se-Kecamatan Bogor Barat sebesar 94,32 dengan Nilai Interval Konversi 88,31-100,00 berada dalam mutu pelayanan dengan kriteria A dan Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Sangat Baik.
Berdasarkan indeks dari setiap unsur didapat bahwa unsur yang indeksnya paling tinggi adalah unsur biaya/tarif, hal ini dikarenakan semua pelayanan yang diberikan di kecamatan dan kelurahan sudah tidak dipungut biaya apapun. Sedangkan unsur yang indeksnya paling rendah adalah unsur sistem, mekanisme, dan prosedur, hal ini merupakan prioritas untuk perbaikan atau tindak lanjut kedepannya.
Disclaimer |
Dengan menggunakan informasi di Portal data ini, Anda telah memahami dan setuju dengan segala ketentuannya. Semua informasi di Portal data ini merupakan informasi yang dikeluarkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor. Kami tidak bertanggung jawab atas perbedaan data yang mungkin berbeda dari data yang di publish oleh Pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor. |